Kamis, 13 September 2012

Aneka Situasi Pelibat Menyimak

ganz, 13/09/2012



a.    Menyimak Dalam Kehidupan Dan Kurikulum
Dalam kenyataan praktek, surfey menyatakan bahwa pada umumnya kita menggunakan waktu untuk menyimak hamper tiga kali sebanyak waktu untuk membaca (sarana penting lainnya untuk menerima informasi ) tetapi anehnyasedikit sekali perhatian di berikan untuk melatih orang menyima.

b.    Petunjuk, Keterampilan, Pengumuman
Dalam usaha memupuk serta mengembangkan kemampuan anak didiknya menyimak secara efektif, maka sebenarnya para guru tidak perlu menyediakan waktu-waktu khusus dan juga tidak perlu merasa bahwa mereka harus menambahkan sesuatu yang baru pada program sekolah.

c.     Percakapan Dan Diskusi
Percakapan atau konfersasi merupakan aktifitas yang paling umum di antara tipe-tipe komunikasi lisan oleh karena itu jelas menuntut banyak kegiatan menyimak.Laporan bagi anak-anak menduduki kelas-kelas yang lebih tinggi, laporan merupakan suatu tugas dan tanggung jawab penting.

d.    Radio, Televisi, Rekaman, Telepon
Kehidupan modern menuntut kegiatan menyimak yang lebih meningkat. Segala jenis menyimak yang telah kita kemukakan di tuntut dalam berbagai ragam situasi menyimak oleh perlengkapan di atas, antara lain :

a.   Menyimak sekunder
b.   Menyimak sosial
 c.   Menyimak aspresiasif
d.   Menyimak eksplorasif atau menyimak interogratif
e.   Menyimak kosentratif

Latihan Soal

1.      Orang yang termasuk penyimak jelek adalah?
2.      Apakah yang di maksut percakapan atau konfersasi?
3.      Sebutkan ragam situasi menyimak!

Jawaban 

1.      -Terlalu banyak mancatat secara terperinci
-Tidak sanggup mengatasi gangguan
-Berpura-pura menarik perhatian
-Kurang menaruh perhatian pada materi pembicaraan
2.      Aktifitas yang paling umum di antara tipe-tipe komunikasi lisan dan oleh kerena itu jelas menuntut kegiatan menyimak.
3.      -menyimak sekunder
-menyimk sosial
-menyimak ekspresiasif
-menyimak rksplorasif atau menyimak interogratif
-menyimak losentratif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar