Kamis, 13 September 2012

Faktor Yang Berpengaruh Dalam Menyimak

ganz, 13/09/2012


 
Ada sembilan faktor menyimak yaitu, faktor fisik, faktor psikologis, faktor pengalaman, faktor sikap, faktor motifasi, faktor jenis kelamin, faktor lingkungan, faktor peranan dalam masyarakat, kebiasaan jelek dalam menyimak,
·         Faktor fisik : Kita telah sama-sama maklum bahwa kondisi fisik seseorang penyimak memeng merupakan faktor penting yang turut menentukan keefektifan serta kualitas keefektifan dalam menyimak.
·         Faktor psikologis : Di samping faktor-faktor fisik yang telah di kemukakan tadi masih terdapat factor-faktor yang kerap kali lebih sulit di atasi, yang melibatkan sikap-sikap dan sifat-sifat pribadi, yaitu faktor-faktor psikologis dalam menyimak.
·         Faktor pengalaman : Pengalaman seorang guru dapat melukiskan hal ini, seorang anak usia enam tahun mencoba selama berminggu-minggu menulis suatu karangan bagi suatu perlombaan karang-mengarang. anak itu berusaha sekuat daya membuat  karangan itu. Berulang-ulang sang guru memperingatkan agar sang anak meluangkan suatu spasi pada kanan kiri kertas. Sang anak bekerja keras terus mengerjakan karangan itu sebaik mungkin, tetapi dia tidak meluangkan “spasi” dan “margi” karena dia tidak mengerti makna kedua kata itu.
·         Faktor sifat : Setiap orang akan cenderung menyimak secara saksama pada topik-topik atau pokok pembicaraan yang dapat dia setujui tinimbang yang kurang atau tidak di setujui.
·         Faktor motifasi: Motifasi merupakan salah satu butir penentu keberasilan  seseorang. Kalau motifasi kuat untuk mengerjakan sesuatu maka dapat di harapkan orang itu akan berhasil mencapai tujuan. Begitu pula halnya dengan menyimak.
·         Faktor jenis kelamin : Walaupun ‘kepala sama berbulu’, jelas bahwa perhatian kita berbeda-beda. Begitu pula kebiasaan-kebiasaan menyimak kita dapat berbeda-beda satu sama lain. Perbedaan ini turut pula di tentukan oleh perbedaan jenis kelamin.
·         Faktor lingkungan : Para guru harus menyadari benar-benar betapa besarnya pengaru lingkungan terhadap keberhasilan menyimak khususnya, terhadap keberasilan belajar para siswa pada umumnya ;  baik yang mengangkut lingkungan fisik ruangan kelas, maupun yang berkaitan dengan suasana sosial kelas.
·         Faktor kebiasaan jelek dalam menyimak : Beberapa telaah bandingan serta wawancara dengan beratus-ratus orang yang pernah di lakukan oleh Dr. Nichols, membuat beliau sampai pada kesimpulan adanya sepuluh kebiasaan jelek yang secara universal mengganggu kegiatan menyimak.

Perilaku Jelek Dalam Menyimak

·         Tidak mau menerima keanehan sang pembicara
·         Tidak mau memperbaiki sikap
·         Tidak mau memperbaiki lingkungan
·         Tidak dapat menahan diri
·         Tidak mau meningkatkan pembuatan catatan
·         Tidak tau dan tidak mau menyaring tujuan khusus
·         Tidak memanfaatkan waktu secara serba guna
·         Tidak dapat menyimak secara rasional
·         Tidak mau berlatih menyimak hal-hal yang rumit

Latihan Soal
1.      Sebutkan delapan faktor pengaruh menyimak!
2.      Apakah yang di maksud dengan faktor motifasi?
3.      Berapakah perilaku jelek dalam menyimak?

Jawaban
1.      -Faktor
-Psikologis
-Pengalaman
-Sikap
-Motifasi
-Jenis kelamin
-Lingkungan
-Peranan dalam masyarakat
2.      Faktor motifasi yaitu salah satu bitir penentu keberhasilan seseorang
3.      Sembilan perilaku jelek menyimak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar