Kamis, 13 September 2012

Memilih Bahan Simakan Yang Menarik Perhatian

ganz, 13/09/2012

 Duolog Dan Dialog
Duolog adalah komunikasi lisan satu arah sedangkan dialog adalah dialog komunkasi lisan duaarah.komunikasi lisan adalah kegiatan transaksi dua arah antara pembicara dan penyimak.
Sering kita beranggapan bahwa kegiatan menyimak tidak perlu di pelajari, kegiatan itu akan muncul secarah ilmiah , karena kita memang begitu banyak mempergunakan waktu kita dalam “aneka situasi menyimak” dalam kegiatan sehari-hari misalnya berbicara dengan teman-taman mengikuti kuliah, mendengarkan ceramah, menonton televisi, mendengarkan siaran radio, dan lain-lain.
a.      Teori seleksi dan response
Teori ini adalah buah pikiran Anthony Deutsch dan Diana Deutsch. Dalam teori ini seleksi di kaitkan langsung dengan kepentingan stimulus. Semakin penting suatu stimulus kapada penerima, semakin kuat pula reksinya, dan kekuatan reaksi terhadap suatu stimulus menentukan seleksi.
b.      Menyimak demi kenikmatan
Dalam kehidpan sehari-hari banyak sekali bahan simakan yang dapat member kesenangan, kegembiraan, kenikmatan kepada kita. Kita bisa tertawa terpikal-pikal menyimak monolog, dialog. Dualog, ataupun dialog dalam siaran radio dan televisi ataupun yang sebenatnya. Anekah faktor perhatian : kosentrasi mental, kewaspadaan, selektifitas, pencarian dan pemeriksaan, kegiatan, dan pentahan.
Latihan Soal
1.      Sebutkan aneka faktor perhatian!
2.      Apakah yang di maksud dengan teri seleksi-responsi?
3.      Ingatkah jangka pendek terbagi dua yaitu!
Jawaban
1.      –kosentrasi mental
-kewaspadaan
-selektifitas
-pencarian dan pemeriksaan
-kegiatan
-penataan
2.      Semakin penting suatu stimulus kepada penerima, semakin kuat pula reaksinya dan kekuatan reaksi terhadap suatu stimulus menentukan seleksi.
3.      Filter/saringan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar