Kamis, 13 September 2012

Suasana Menyimak

ganz, 13/09/2012



A.    Suasana Defensif (Bertahan)
Suasana-suasana defentif atau bertahan biasanya di manipulasikan dalam pesan-pesan lisan yang mengandung maksud yang bersungguh-sungguh dan tersirat, antara lain pesan-pesan yang bersifat ; evaluatif,  mengawasi, strategis, netral, superior, pasti dan tentu.
B.    Suasana Suportif (Menunjang)
Kalau suasana komunikasi defensif kerap kali di timbulkan oleh pesan-pesan manipulatif yang mengimplikasikan efaluasi, pengawasan, siasat atau strategi, kenetralan dan kepastian dari pihak pembicara, maka suasana komunikasi suportif atau suasana komunikasi yang bersifat mendukung.

C.     Peran Praktis Meningkatkan Keterampilan Menyimak
Kita perlu ketahui sebagai penambah cakrawala pengetahuan bahwa para pakar memperkirakan atau menaksir kira-kira 85% dari apa yang di ketahui insan manusia berasal dari hasil menyimak, tetapi yang mereka ingat hanya kira-kira 20% dari yang mereka dengar itu. Untuk meningkatkan kerampilan menyimak, ada beberapa saran yang dapat kita manfaatkan beberapa di antaranya saran yang praktis itu kita terakan yakni :
§  Bersifatlah secara positif
§  Bertindaklah responsive
§  Cegalah gangguan-gangguan
§  Simak dan tangkaplah maksud pembicara
§  Carilah tanda-tanda apa yang akan datang
§  Carilah rangkuman pembicaraan terdahulu
§  Nilailah bahan-bahan penunjang
§  Carilah petunjuk-petunjuk nonverbal
§  Menyimaklah dengan umpan balik
§  Menyimaklah tanpa penilaian atau keputusan yang premature

D.    Aneka Kendala Menyimak Efektif
Walaupun kita berusaha sekuat daya untuk meningkatkan diri kita menjadi seorang penyimak yang baik, tetap saja ada berbagai rintangan atau kendala yang harus kita hadapi. Ada berbagai kondisi internal yang justru dapat menghalangi kita menjadi penyimak yang efektif misalnya, keegosentrisan, sifat mementingkan diri sendiri, sifat egosentris, yang memusatkan segala sesuatu pada diri sendiri, mungkun saja merupakan cara hidup bagi sementara orang dalm kondisi temporer saja.

E.     Perilaku Menyimak
Memang terdapat berbagai alasan mengapa orang mau menyimak namun demikian hanya terdapat dua tipe perilaku dalam kegiatan menyimak, yaitu :
·         Menyimak faktual, penguasaan yang mantap terhadap teknik-teknik menyimak faktual ini justru memudakan sang penyimak untuk menangkap serta memahami fakta-fakta, konsep-konsep, serta informasi yang di sampaikan sang pembicara.
·          Menyimak empatik,  menyimk empatik menolong kita untuk memahami sikap psikologis dan emosional dan pembicara dan bagaimana sikap tersebut mempengaruhi ujarannya.

Ø  Meningkatkan perlaku menyimak, meneriama keanehan sang pembicara, memperbaiki sikap, menperbaiki lingkungan, jangan dulu memberiakan pertibangan, meningkatkan pembuatan catatan.

Latihan Soal
1.      Jelaskan apa yang di maksud dengan suasana defensive/bertahan!
2.      Sebutkan enam unsur pokok pembentuk suasana suportif dalam menyimak!
3.      Perlaku menyimak terbagi dua jelaskan!

Jawaban
1.      Suasana yang biasanya di manipulasi dalam pesan-pesan lisan yang mengandung maksud yang bersunggu-sunggu dan tersirat.

2.      –Deskripsi
-Orientasi permasalahan
-Spontanitas
-Empati
-Ekualitas
-Profisionalisme

3. Menyimak faktual yaitu penguasan yang mantap terhadap teknik-teknik menyimak factual ini justru memudakan sang penyimak untuk menagkap serta memahami fakta-fakta, konsep-konsep, serta informasi yang di sampaikan sang pembicara.
-Menyimak empatik yaitu menolong kita untuk memahami sikap psikologis dan emosional sang pembicara dan bagaimana sikap tersebut mengaruhi ujaranya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar