Kamis, 13 September 2012

Meningkatkan Daya Simak

ganz, 13/09/2012


Aneka Pengalaman Audio Pemertinggi Kemampuan Menyimak

Tidak dapat di sangkal lagi bahwa pengalaman-pengalaman audio pun dapat meningkatkan daya simak seseorang.Ada berbagai cara meningkatkan keterampilan menyimak, yaitu : memahami maksud pembicara : menghindari ketergesa-gesaan memahami maksud sendiri. Memperhatikan perbedaan bahasa menyadari prasankah sendiri , memahami prasangka pembicara memeriksa fakta-fakta pembicara menyimak sampai selesai memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. sikap guru dapat mempertinggi daya simak siswa menyidiakanwaktu menyimak , member perhatian, member reaksi yang wajar, jangan mengorek fakta tambahan, jangan menilai yang telah di katakana , jangan menghilangkan kepercayaan sang pembicara.
Ciri-ciri penyimak yang baik adalah sopan santun, ingin memperoleh fakta-fakta memusatkan perhatian , pertimbangan sehat dapat memanfaatkan apa yang di simak. Ada tiga jenis klasifikasi guru menyimak, minimal, baik, baik sekali.
Guru yang berkualitas minimal mampu memahami percakapan dengan kecepatan sedang , kuliah dan ceramah, siaran-siaran berita radio dan televisi. Guru yang berkualitas baik sekali mampu mengikuti dengan cepat dan mudah semua jenis ujaran baku, diskusi, dan sandiwara. Ada berbagai cara mengatasi kendala-kendala menyimak dan ada berbagai kaida untuk meningkatkan daya dan kegiatan menyimak.

Latihan Soal
1        Sebutkan ciri-ciri menyimak yang baik?
2        Sebutkan tiga jenis kualifikasi guru menyimak!
3        Sebutkan cara mengatasi kendala menyim

Jawaban
1        Sopan santun
ingin memperoleh fakta-fakta
memasukan perhatian
pertimbangan sehat
dapat memanfaatkan apa yang di simak
2        Minimal, baik, baik sekali
3        Meningkatkan daya menyimak dan kekuatan reaksi terhadap suatu stimulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar